Rabu, 20 Juni 2012

Kandungan Air Dalam Tubuh



Air mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain itu, air juga sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan air pada tubuh manusia jumlahnya jauh lebih besar bila dibanding dengan kandungan zat - zat yang lain. Kandungan air pada tubuh bayi bisa mencapai 75% - 80% yang kemudian seiring dengan pertumbuhan tubuhnya, kandungan air pada manusia dewasa berkurang hingga mencapai 60% - 65% untuk pria dan 50% - 60% untuk wanita. Otak manusia juga terdiri dari 85%. Sedangkan tulang kita terdiri dari 10% - 15% air. Struktur kimia dari air adalah H2O dan baik hidrogen maupun oksigen memiliki peran yang penting dalam sistem kehidupan manusia.
 
Sekitar 60% dari kandungan air dalam tubuh kita membentuk kompartemen intraseluler. Keseimbangan dari ekstraseluler terdiri dari dua bagian. Yaitu cairan intravascular sebanyak 20% dan 80% sisanya merupakan komponen cairan dari darah, hati, pembuluh darah vena, serta pembuluh darah kapiler. Dimana semua cairan ini termasuk cairan yang membasahi semua sel (termasuk tulang belakang), cairan yang mebasahi mata, sampai pada air liur dan getah bening.
 
Fakta umum yang sebenarnya telh kita ketahui bersama adalah air merupakan salah satu obat terbaik untuk penyakit - penyakit yang sifatnya umum. Sehingga bila kita mengkonsumsi minimal 8 gelas per hari (setara dengan 2ltr air), maka kita akan terhindar dari banyak penyakit. Mulai dari alergi. asma, depresi, tekanan darah tinggi, diabetes, sakit kepala, nyeri leher, dll. Namun bila kita merupakan penggemar kopi, teh, atau minuman bersoda, kita tidak bisa memasukkan minuman tersebut sebagai bagian dari kebutuhan 8 gelas per hari tadi. Karena sebagian dari minuman tersebut mengandung kafein yang sebenarnya memiliki efek berlawanan bagi tubuh kita. Kafein berperan sebagai diuretik bagi sistem tubuh kita dimana kita akan selalu merasa ingin buang air kecil. Sehingga bila kita penggemar kopi, kita juga harus minum lebih banyak air supaya kandungan air dalam tubuh kita tetap terjaga.
 
Walaupun tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, namun air tidak bisa tersimpan di dalam tubuh kita. Sehingga kita harus rutin mengkonsumsi air supaya tubuh kita tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Muntah berlebihan atau diare yang berkepanjangan karena mengeluarkan cairan serta elektrolit dari dalam tubuh. Bila jumlah cairan yang keluar tidak segera diganti, maka akan membahayakan nyawa kita. Terlebih bila muntah dan diare terjadi pada bayi. Selain muntah dan diare, luka bakar derajat tiga juga bisa mengakibatkan kematian. 

Video kebutuhan tubuh manusia atas air

Dalam video ini akan diperlihatkan berapa jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh manusia
(indahf/Carapedia)

Pencarian Terbaru (100)
Kandungan air. Kandungan air dalam tubuh manusia. Komposisi air dalam tubuh. Air dalam tubuh. Komposisi air dalam tubuh manusia. Jumlah cairan dalam tubuh manusia. Struktur air.
Kadar air. Kandungan dalam air. Kadar air dalam tubuh. Kandungan air dalam tubuh. Komponen cairan. Jumlah air dalam tubuh. Jumlah air dalam tubuh manusia.
Jumlah air dalam kepala. Air dan cairan dalam tubuh. Kesehatan dalam tubuh. Air sangat penting bagi kehidupan kita. Seberapa penting cairan elektrolit dalam tubuh. Air tubuh. Kadar air tubuh.
Air dalam tubuh manusia. Cairan tubuh(air liur). Komposisi air. Kadar air dalam tubuh manusia. Macam macam elektrolit dalam tubuh. Gambar air dalam kehidupan manusia. Struktur air dalam tubuh manusia.
Air bagi tubuh. Kandungan tubuh. Air di dalam tubuh. Kandungan air pada t ubuh manusia adalah. Komponen komponen cairan dan elektrolit dalam tubuh manusia. Cairan dalam tubuh. Komponen cairan bagi kebutuhan tubuh.
Kebutuhan air manusia. Struktur kafein. Macam macam cairan tubuh manusia. Jumlah air pada tubuh. Kadar air dalam otak manusia. Kadar air pada bayi. Komponen komponen cairan.
Kandungan air pada tubuh manusia. Kandungan dalam tubuh organisme. Kandungan minuman (air) pada tubuh kita. Jumlah komposisi tubuh. Daftar kandungan air dalam tubuh manusia. Komponen komponen cairan dalam tubuh. Mengeluarkan cairan dalam tubuh.
Kanungan air. Kadar elektrolit darah pada bayi. Macam macam cairan tubuh dalam manusia. Cairan tubuh. Cairan dalam tubuh orang dewasa. Jumlah air di dalam tubuh. Kandungan tulang.
Kndungan air dalam tubuh manusia serta dalam tulang. Apa saja yang termasuk ke dalam cairan tubuh. Jenis jenis kandungan dalam air. Kompartemen intraseluler. Penyakit kandungan air. Kandungan cairan dalam tubuh manusia. Jumlah air didalam tubuh manusia.
Macam macam vena dalam tubuh. Jenis jenis air dalam tubuh. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air yang mengandung. Kompartemen cairan dalam tubuh. Cairan pada tubuh orang dewasa. Komponen cairan dalam tubuh. Cairan dan elektrolit dalam tubuh manusia.
Banyak kandungan air dalam tubuh. Komposisi tubuh manusia pria dewasa. Elektrolit pada tubuh manusia. Cairan elektrolit terdiri dari. Struktur kimia dalam kebutuhan tubuh manusia. Jenis jenis vena pada manusia dalam kesehatan. Berapa % kadar air dalam tubuh.
Struktur air dalam tubuh pria dan wanita. Jumlah cairan tubuh manusia. Kandungan cairan pada tubuh manusia. Kelainan ceiren pada tubuh. Macam mcam elektrolit dalam tubuh. Kandungan cairan pada pembuluh darah vena dan kapiler. Kandunga air dalam tubuh manusia.
Kadar air di otak manusia. Video sistem cairan tubuh manusia. Mengapa air memiliki peranan penting dalam kehidupan. Komponen komponen cairan tubuh. Kandungan cairan. Jenis jenis cairan dalam tubuh. Macam macamcairan elektrolit dlm tubuh manusia.
Susunan air dalam tubuh manusia. Macam macam vena dalam tubuh manusia. Jumlah komponen tubuh. Kandungan air bagi tubuh. Macamcairan elektrolit tubuh. Kandungan yang terdapat dalam air didalam tubuh. Macam dan jenis air untuk kesehatan.
Macam macam cairan tubuh intraseluler. Kandungan air di dalam tubuh.


Artikel Terkait Lainnya Seputar:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar